Keajaiban dari Fill Content Aware

Adobe selaku pengembang Photoshop telah menambahkan fitur baru yang cukup fenomenal bernama content-aware fill di Photoshop CS 4 dan CS 5. Fitur ini terlihat sangat ajaib dan sangat membantu bagi seorang fotografer maupun seorang desainer Grafis.

Kebanyakan dari kita mungkin banyak yang belum mengetahui fitur fenomenal tersebut jadi disini saya ingin membagikannya kepada anda para pengunjung dan pembaca setia IG bagaimana dan apa itu (fill) content-ware.

Penjelasan simple Fill Content Aware seperti ini: bayangkan jika kita harus menghapus obyek pohon yang ada ditengah Pemandangan Savana (rerumputan dan langit), membuat seleksi yang mengellingi pohon lalu menghapusnya, namun foto kita akan tampak bolong dibagian yang dihapus akan tetapi tergantikan dengan padang rumput (savana) tadi karena Photoshop akan mengisi secara otomatis bagian yang bolong tadi secara sempurna dan serasi dengan lingkungan disekitarnya.

Untuk lebih jelasnya mari kita praktikkan, Sebelum memulai Tutorial Photoshop ada baiknya baca doa dulu biar tidak ada gangguan🙂 hehehe

Langkah – Langkah cara Penggunaan Content Aware

1. Buka Object dengan photoshop CS 5 (fitur ini hanya ada di CS4 dan CS 5 namun saya lebih merekomendasikan CS5 karena Adobe telah menyempurnakan fitur ini di CS5)
Disini saya menggunakan Photoshop CS 5
image ilmugrafis.com
anda bisa memakai gambar di atas untuk latihan kali ini, atau jika anda ingin gambar yang lain bisa mencari2 lewat google

2. Seleksi area di sekeliling pohon, anda bisa menggunakan berbagai macam teknik seleksi
tidak perlu menSeleksi secara detail cukup seleksi di sekeliling pohon
image ilmugrafis.com

Setelah terseleksi
image ilmugrafis.com
Jika anda bingung apa itu seleksi bisa membaca tutorial ini Seleksi Objek pada Photoshop

3. Ok sekarang anda sudah memiliki seleksi pada pohon tersebut
Nah ini dia MAGic nya:
Pada menu utama klik Edit >> Fill >> Pilih Content Aware
image ilmugrafis.com
dan Hasilnya:
image ilmugrafis.com
Fantastis : object pohon hilang dan digantikan dengan background awan dan rumput dan terkesan alami

Membuat Cap Stamp Logo Watermark

Lama tidak berjumpa di tutorial Photoshop Dasar, kali ini kita kembali membahas dasar – dasar photoshop yaitu Opacity dan Fill. Keduanya digunakan untuk membuat efek transparansi gambar sehingga bisa dimanfaatkan menjadi Watermark pada gambar yang kita punya agar gambar yang kita pasang di Website termasuk TOKO ONLINE maupun BLOG kita tidak dibajak orang lain.

Sekarang bagaimana kita membuat Stamp Logo atau disebut juga WATERMARK? sebelum memulai, Watermark adalah tulisan / logo / stempel yang sifatnya transparan untuk melindungi dan mencegah penggunaan kembali gambar tersebut secara tidak sah, atau penggunaan tanpa pesetujuan dari pemilik gambar / foto tersebut. Watermark biasanya berbentuk transparan agar sulit untuk dihilangkan.
ikuti langkah-langkah membuatnya hanya di IG:

1. Buka Gambar / Foto yang akan diberi Watermark dengan Photoshop
Misal disini saya menggunakan Gambar Apple sebagai Sample
image ilmugrafis.com
Gambar Apple sebelum di watermark

2. Ketik dengan Teks Tool, kata – kata atau cap atau note yang akan dijadikan Watermark, misal disini menuliskan ILMUGRAFIS[dot]com
image ilmugrafis.com
gambar Apple + Tulisan Watermark

3. Setelah itu tinggal atur Opacity dan Fill sesuai kebutuhan, pengaturan di bawah ini hanya sebagai contoh saja, anda bisa mengatur sesuai keiginan anda (improvisasi aja)
image ilmugrafis.com
watermark sudah jadi

Mudah bukan, anda bisa mengkombinasikan dengan teknik Transform dan menduplikat layer (CTRL + J) sebanyak yang diinginkan sehingga menjadi seperti ini
image ilmugrafis.com
sedikit tambahkan efek Glossy dan tampilannya jadi extreme seperti ini
image ilmugrafis.com
Apple dengan watermark ilmugrafis,
download file hasilnya

Memisahkan dan Menghapus Background

video tutorial
Ini adalah pertama kalinya ilmuGrafis resmi merilis sebuah Video Tutorial, cukup special memang karena selama ini kita disuguhi oleh tutorial yang konvensional berupa teks dan gambar, semoga ke depannya akan lebih banyak lagi video tutorial yang di release dan menjadikan ILMUgrafis bermanfaat untuk para pengunjungnya.

Kali ini saya ingin mencoba sesuatu yang baru yaitu menjelaskan materi photoshop dengan video tutorial, disini saya akan menjelaskan cara lain / alternatif memisahkan background dengan gambar utamanya, cara ini sangat banyak dipakai oleh para desainer dan ahli photoshop di seluruh dunia walaupun dengan sedikit trik dan modifikasi tentunya.

Preview Youtube:

Ok anda dapat mendownload video tutorialnya hanya di ilmuGrafis via mediafire / hotlink

Download Link Video Tutorial:

Jika Link di atas gagal silahkan gunakan Mirror Link:
Mirror:

– Untuk mendownload gunakan browser PC / Laptop (jangan dari HP)
– Tekan new Tab (CRTL + T) pada keyboard, Klik link mirror di atas, copy dan paste ke browser anda, enter
– Pilih Regular downlod (FREE)
– Tunggu hingga waktu (timer) selesai karena anda memakai account gratisan jd harus bersabar menunggu waktu delay
– masukkan chaptca code yang diminta
– lalu klik download the file
– Tunggu hingga download sukses

Play Video:
Pastikan bahwa PC atau Komputer anda telah menginstal Flash Player, jika belum maka anda bisa download Flash Player di Adobe.com

Setting Shortcut Photoshop

Kali ini ada tips menarik buat photoshop-er yang tongkrongin komputer tiap hari. Sedia payung sebelum hujan, kalo dunia desain juga ada pepatahnya yaitu sedia kopi sebelum ngantuk di depan komputer =P ditambah sedikit alunan lagu mengiring kerjaan di depan komputer..hehe

Kalo edit foto, usilin temen, iseng2 doank, di depan komputernya pasti lagi nyantai. Untuk yang penghasilannya mank utak atik depan komputer, mesti perlu banyak waktu buat kelarin semua kerjaan kadang sampai mata kering, bibir pecah2, dan susah BAB. =P

Biar kerjaan ontime, ga numpuk mesti diselesaikan segera. Photoshop-er yang biasa pakai Tikus (mouse), klik sana sini pasti makan waktu yang banyak.
Tips agar photoshop-er pada kerjanya cepat:

1. Ganti mouse dengan Tablet (papan pen digital)
2. RAM-nya di upgrade!! =P
3. Hapalin shortcuts Photoshop

Biasanya point ketiga yang jadi masalah berat, karena banyak banget kode-kodenya buat hapalin.
Anda bisa dapatin shortcut2nya di menu Edit – Keyboard Shortcuts atau tekan Alt+ Shift+ Ctrl+ K

Kalo udah dipilih akan muncul berbagai shortcut untuk perintah-perintah yang ada pada menu-menu utama
tutorial photoshop

Belum puas? Masi ada kendala untuk menghapalnya? Terlalu rumit kombinasi kodenya?
Bukan masalah!!
kamu bisa ubah sesuka hati, bebaskan dirimu (sensasi P*ong)=P
caranya Cuma dengan double klik di menu pilihan dan klik pada submenunya. Untuk mengubahnya tekan Delete Shortcut (untuk menghapus SC), mengganti SC-nya langsung tekan kombinasi shortcutnya.
tutorial photoshop

tutorial photoshop
Sesudah menemukan kombinasi shortcut yang pas dan special (bagi kamu), tekan Accept untuk validasi SCnya, dan tekan OK. Barulah Shortcut baru bisa digunakan. Seperti di atas sy contohkan Sekarang membuka file baru bukan Ctrl+ N lagi, tetapi Shift+ Ctrl+.(titik) , anda bisa mengubahnya sesuai keinginan.

Merasa lebih pantas sebelumnya?

Tekan Use Defaultnya aja. Hehe,. (untuk mengembalikan ke keadaan seperti semula)

Untuk submenu yang belum memiliki SC, anda bisa men-Create sendiri SCnya. Caranya Add Shortcut pada submenu yang dipilih. Ingat SC tidak boleh sama pada Submenu atau perintah yang berbeda.

So,. Shortcut untuk mempercepat menyampaian perintah dengan tombol keyboard, bukan memperlambat pastinya.
Anda bisa menghafal Shortcut Photoshop secara Default jika mau dengan melihatnya di Shorcut Photosop
Do your best!!!
tutorial photoshop