2. PROSES PEWARNAAN

Pada proses ini memerlukan selection.
a) Pewarnaan Rambut
Langkah pertama, kita buat new layer dan beri nama Rambut (letakkan di bawah layer Sketsa). Kita buat selection pada sketsa rambut (bagian rambut saja) dengan menggunakan Pen Tool seperti pada pembuatan sketsa. Kemudian masih dengan cursor Pen Tool lalu klik kanan pilih Make Selection – OK. Warnai dengan selection rambut, lalu hilangkan selection dengan menekan Ctrl+D.


b) Pewarnaan Kulit
Buat new layer dengan nama Kulit. Selanjutnya ulangi proses selection kulit seperti pada selection rambut. Hasilnya seperti di bawah ini.

c) Pewarnaan Baju
Buat new layer dengan nama Baju, letakkan di bawah layer Kulit. Ulangi langkah selection pada daerah baju.

d) Pewarnaan Mata & Bola Mata
Buat new layer dengan nama Mata, letakkan di antara layer Rambut & Kulit. Kemudian buat new layer dengan nama Bola Mata, letakkan di atas Layer Mata.

e) Pewarnaan Alis
Buat new layer dengan nama Alis, letakkan di atas layer Kulit.

f) Pewarnaan Mulut.
Untuk mewarnai bibir, buat lagi new layer dan beri nama Bibir, letakkan di atas layer Kulit. Dan new layer untuk Gigi, letakkan di atas layer Bibir.

g) Pewarnaan Bando
Buat new Layer dengan nama Bando di atas layer Rambut.

h) Pewarnaan Rompi & Motif Baju.
Buat new layer dengan nama Motif Baju, letakkan di atas layer Baju. Dan buat new Layer lagi dengan nama Rompi, letakkan di atas layer Motif Baju.

i) Penambahan Bulu Mata
Untuk mempercantik, kita akan tambahkan bulu mata. membuat bulu mata, kita perlu membuat new layer dengan nama Bulu Mata, letakkan di atas layer Bola Mata. Gunakan Ukuran Brush dengan ukuran 1 px (hitam). Kita buat garis melengkung pendek. Hati-hati dalam menarik garis, agar jarak antara bulu mata tidak terlalu dekat.